BMKG Ingatkan Lampung untuk Siaga Kekeringan

 

BMKG Ingatkan Lampung untuk Siaga Kekeringan

Bandar Lampung (Forum) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini ke Provinsi Lampung menyusul wilayah tersebut masuk dalam kategori siaga kekeringan.

Berdasarkan data, sedikitnya ada 16 daerah yang dalam zona merah atau klasifikasi siaga kekeringan meteorologi pada dasarian I Oktober 2023 (1-10 Oktober 2023).

Daerah klasifikasi awas, antara lain: beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Selatan.

Sedangkan, ada 6 Kabupaten di Lampung yang masuk klasifikasi awas, yakni Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Mesuji, Pesawaran, dan Pringsewu.

Sementara itu, Koordinator Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pesawaran Lampung, Suparji menjelaskan, kekeringan meteorologi merupakan kekeringan yang terjadi karena tingkat curah hujan di bawah normal.

"Berdasarkan analisis dasarian 3 September 2023 (tanggal 21-30 September 2023), pada umumnya Provinsi Lampung curah hujannya di bawah kurang dari 20 mm atau di bawah normal," jelasnya.

Suparji menambahkan, dampak yang di rasakan dari kekeringan sampai ke kebakaran hutan.

"Dampak yang dirasakan pasti berkurangnya sumber air bersih untuk konsumsi masyarakat, pertanian, perternakan maupun perikanan dan juga untuk mewaspadai kebakaran hutan dan lahan di wilayah yang mengalami kekeringan," ujarnya.

BMKG juga memberikan beberapa imbauan untuk masyarakat selama kekeringan meteorologi melanda Indonesia, termasuk Lampung.

"Hemat air dalam setiap kegetian , semisal air pertanian digunakan dengan cara bijak semisal mengairi sawah hanya macak macak di sawah tidak harus terendam batang padinya, penggunaan air disesuaikan kebutuhan," tutupnya. (FB-07)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama