2023, Kebakaran Hutan dan Lahan di Lampung Meningkat

2023, Kebakaran Hutan dan Lahan di Lampung Meningkat


Bandar Lampung (Forum) - Jumlah kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Lampung terus meningkat sepanjang tahun 2023 ini.

Hal ini terjadi salah satunya dampak dari musim kemarau dan fenomena El Nino. Data dari Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, kejadian karhutla tertinggi terjadi di kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yanyan Ruchyansyah mengatakan, titik hotspot di Lampung cenderung mengalami penurunan, namun diakuinya kejadian karhutla mengalami peningkatan.

"Berdasarkan data yang kami miliki tertinggi itu hingga Agustus 2023 ini di Way Kambas sekitar 2.700 hektare sekian, dari total 2.990 sekian. Jadi kejadian di Way Kambas dan itu memang bertahun-tahun terjadi di situ, di lokasi savana," kata Kadis Kehutanan Provinsi Lampung, Yanyan Ruchyansyah.

Yanyan menjelaskan, kebakaran yang terjadi di kawasan TNWK juga salah satunya disebabkan dilakukan oleh oknum pemburu liar yang sengaja membakar lahan.

"Jadi ada savana yang memang rawan kebakaran dan biasanya dimanfaatkan oleh pemburu liar untuk memicu munculnya pucuk rumput baru, dan itu bisa mengundang datangnya rusa," jelasnya.

Sementara dalam upaya penanganan karhutla di Lampung, Yanyan mengungkapkan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi telah memberikan arahan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Jadi Pak gubernur banyak memberikan arahan terkait dengan penanganan karhutla, dan semua mengantisipasi langsung dan bersinergi serta melakukan upaya deteksi dini terhadap kejadian kebakaran, sehingga tidak menjadi kejadian kebakaran, karena kalau sudah kebakaran akan sulit untuk dipadamkan," ungkapnya.

Meski begitu ia menyatakan, kondisi Provinsi Lampung saat ini dinilai masih aman meski terjadi peningkatan karhutla.

"Intinya kondisi Provinsi Lampung saat ini masih aman walaupun memang terjadi kenaikan jumlah kebakaran hutan dan lahan," tandasnya. (FB-07) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama