Pemkot Bandar Lampung Akomodir Pendidikan Profesi Guru PAI

Pemkot Bandar Lampung Akomodir Pendidikan Profesi Guru PAI


Bandar Lampung (Forum) – Pemkot Bandar Lampung akhirnya mengakomodir Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk sebanyak 244 Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kota Bandar Lampung.

Diketahui, 244 guru Agama Islam yang mengajar di tingkat SD dan SMP di Kota Bandar Lampung ini telah menanti lama, bahkan hingga belasan dan puluhan tahun untuk bisa mengikuti program PPG.

Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Provinsi Lampung, Hajarman mengatakan, pihaknya bersama para guru Agama Islam di Bandar Lampung sebelumnya telah berjuang untuk mengajukan sebanyak 244 guru bisa mengikuti PPG.

"Alhamdulillah PPG guru Agama Islam langsung dapat disetujui sesuai permintaan kami sejumlah 244, semuanya sudah dapat terlaksana apa yang menjadi harapan kami, walaupun pelaksanaannya nanti akan dilaksanakan pada Batch 1 tahun 2024," kata Ketua AGPAI Lampung, Hajarman saat diwawancarai, Selasa (19/9).

Menurutnya, PPG bagi guru PAI merupakan suatu hal yang penting bagi peningkatan kualitas dan profesional guru.

Dengan telah diakomodir oleh Pemkot Bandar Lampung, pihaknya merasa jika guru PAI di Bandar Lampung diperhatikan.

"Ini suatu kebanggaan bagi kami, karena jika kami akan melaksanakan ataupun menunggu dari Kemenag melalui dana APBN mungkin kami banyak yang akan pensiun tanpa merasakan sertifikasi guru," ungkapnya.

"Karena begitu panjangnya waiting list bisa dikatakan mungkin bisa 15 tahun sampai 20 tahun baru dapat bagian untuk PPG dalam hal ini profesi guru sertifikasi," sambungnya.

Dia pun mewakili para guru PAI di Bandar Lampung mengapresiasi Pemkot Bandar Lampung, DPRD Bandar Lampung, Kemenag maupun semua pihak yang telah memperhatikan perjuangan mereka.

"Kami mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ibu Wali Kota, dan Kepala Dinas Pendidikan Bandar Lampung yang telah menerima atas apa yang harapkan kami selama ini," ucapnya.

Sementara itu, Plh Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Bandar Lampung, Muhammad Ikhwan Hakim mengatakan, Disdikbud Bandar Lampung telah berkoordinasi dengan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana untuk memfasilitasi 244 guru PAI mengikuti PPG.

"Kita sudah berkoordinasi dan Bu Wali Kota sudah memfasilitasi anggaran PPG ini pada APBD 2024. Alhamdulillah saat hearing bersama Komisi IV mereka men-support PPG guru PAI ini dianggarkan di tahun 2024 Insya Allah tidak ada kendala," kata dia.

Dia menyebut untuk PPG 244 guru PAI di Kota Bandar Lampung telah dianggarkan sebesar Rp 1,22 miliar pada APBD murni tahun 2024.

"Anggarannya itu 2024 itu sebanyak 244 guru, per guru Rp 5 juta, sehingga totalnya Rp 1,22 miliar anggaran APBD murni," ujarnya.

Dia berharap adanya PPG ini bisa meningkatkan kualitas bagi guru PAI yang mengajar di Kota Bandar Lampung.

"PPG PAI ini sebagai langkah untuk kemajuan mereka, kalau untuk PNS mereka dapat sertifikasi, guru honor juga sudah berpuluh tahun mereka tidak mendapatkan itu. Dengan adanya PPG PAI ini Insya Allah mereka bisa naik pangkat dan dapat sertifikasi dari Kemenag," tandasnya. (FB-07) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama