Siswa SD Islam Az Zahra ikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023

 

Siswa SD Islam Az Zahra ikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023

Bandar Lampung (Forum) – Siswa SD Islam Az Zahra, Muhammad Raditya Naufal mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 yang digelar secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional selama dua hari, 29 – 30 Agustus 2023.

Muhammad Raditya Naufal menjadi wakil dari Provinsi Lampung untuk jenjang sekolah dasar bidang Matematika yang berkompetisi dalam OSN tingkat nasional yang digelar serentak seluruh Indonesia.

Kepala SD Islam Az Zahra, Iqbal Hafizh Hakim optimis siswanya bisa meraih juara dalam Olimpiade Sains Nasional tahun 2023 ini.

Apalagi, lanjut Iqbal Hafizh Hakim lagi, persiapan yang dilakukan sekolahnya sudah sangat matang untuk menghadapi Olimpiade Sains Nasional ini.

“Pembinaan terus kami lakukan, sejak Muhammad Raditya Naufal ditetapkan sebagai wakil dari Provinsi Lampung dalam OSN tingkat nasional. Insyaallah kita optimis, siswa kami bisa memberikan yang terbaik untuk Provinsi Lampung,” kata Iqbal Hafizh Hakim.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) resmi digelar mulai dari 27 Agustus - 2 September 2023 secara luring dan daring.

OSN merupakan kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ajang sains ini secara rutin digelar sebanyak satu tahun satu kali.

OSN bertujuan untuk mengantarkan peserta didik menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Ajang ini pun menjadi bagian penting dalam upaya pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Masing-masing perwakilan dari 38 provinsi akan mengikuti OSN 2023 secara luring dan daring. Adapun tema dari OSN 2023 ini adalah "Berprestasi Membangun Kolaborasi."

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Hendarman menyampaikan bahwa peserta OSN 2023 adalah siswa-siswi yang telah terseleksi secara ketat.

"Peserta yang berkompetisi pada tingkat nasional ini mereka sudah melewati seleksi dari sekolah tingkat kabupaten/kota/provinsi. Seluruh tahapan seleksi dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Hendarman.

Jumlah Peserta OSN 2023

Hendarman menyebut bahwa peserta OSN 2023 paling banyak berasal dari tingkat SMA/MA. Setelah melewati penyaringan seleksi di tahap kabupaten/kota dan provinsi, akhirnya mereka terpilih untuk bertanding di tingkat nasional atau OSN ini.

"Untuk SD/MI tingkat kabupaten/kota ada 148.686, kemudian untuk tingkat provinsi menyusut menjadi 4.054. Kemudian untuk SMP/MTs pada tingkat kabupaten/kota diikuti oleh 139.931, ketika sudah masuk tingkat provinsi itu sudah menjadi 6.882 dan yang mengikuti tingkat nasional itu ada 345. Kemudian untuk SMA/MA yang hadir atau mengikuti tingkat kabupaten/kota ada 270.004 orang, kemudian di tingkat provinsi menjadi 16.976 dan tingkat nasional ada 900 orang," tutur Hendarman.

Ia menambahkan bahwa para pemenang OSN 2023 ini nantinya akan mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade tingkat internasional. Para juara OSN 2023 akan mengikuti tiga tahap pembinaan sebelum bersaing dengan negara lain. (msr)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama