TPA Bakung Sudah Over Kapasitas

 

TPA Bakung Sudah Over Kapasitas

Bandar Lampung (Forum) - Masyarakat yang hampir menghabiskan hari-harinya di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bakung, sudah mulai cemas dengan kondisi tempat itu. Meski mereka hanya manfaatkan beberapa jenis sampah, namun juga prihatin akan kondisi TPA yang kian padat.

TPA Bakung sendiri berlokasi di Kelurahan Bakung, Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung.

Setiap harinya, sampah yang dibawa baik dari gerobak sampah maupun truk pengangkut dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) diperkirakan mencapai 800-900 ton. Sedangkan, luas TPA Bakung sendiri hanya sekitar 14,1 hektare.

Getaran tanah pun terasa ketika ekskavator bergerak mengangkut tumpukan sampah dari satu sisi ke sisi lain.

Salah satu warga yang mencari barang rongsokan mengatakan, TPA Bakung ini sudah dalam kategori overload. Menurutnya, aktivitas gali-menggali yang terus dilakukan hingga tumpukan menjulang tinggi bisa berdampak pada longsor.

"Ini udah overload harus segera pindah. Emang itu (sampah di bawah) bisa di tarik sama ekskavator ke atas, tapi sampe kapan? Udah tinggi banget," kata pria yang tak ingin disebutkan namanya.

Bahkan, ia khawatir sampah yang diperkirakan sudah setinggi 50 meter itu longsor ke arah pemukiman warga.

"Itu kan tinggi banget, kalo longsor pesti orang bawah (pemukiman warga) yang kena, malah nimbulin masalah," katanya.

Selain overload, kabar-kabar pembangunan TPA Regional pun tak kunjung diperjelas. Menurutnya, itu sudah wacana lama yang belum ada kepastian dilaksanakannya.

"Emang ada (wacana TPA Regional) di Natar (Lampung Selatan). Tapi gak tau kapan," ungkapnya.

Namun jika akhirnya terealisasi, itu akan memudahkan pembagian wilayah pemrosesan akhir. Salah satu contohnya, sampah yang berada di seputar wilayah Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, lebih dekat jika di bawa ke area Natar. Akan tetapi, akan menjadi PR besar jika sampah dari Teluk Betung dibawa ke Natar.

"Bagusan ada (TPA Regional) jadi yang jauh kayak Sukarame, Tanjung Senang, itu bisa dibuang ke TPA Regional. Tapi kalo daerah sini mah ya tetep disini aja," katanya.

Demikian pun, sebagai warga Keteguhan, Teluk Betung Timur, ia mengharapkan segera terealisasi secepatnya. Tak serta Merta harus menunggu sampai overload atau bahkan longsor baru merealisasikan TPA Regional.

"Perkiraan kan 3 tahun-an lah udah gak bisa nampung lagi, tapi kalo semua sampah Kota Bandar Lampung di bawa kesini, kalo ada TPA Regional itu kan ini (TPA Bakung) masih bisa dipake lama," pungkasnya. (FB-07)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama