OAIL Itera Ajak Masyarakat Lampung Saksikan Gerhana Bulan Total

OAIL Itera Ajak Masyarakat Lampung Saksikan Gerhana Bulan Total


Bandar Lampung (Forum) - Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) mengajak masyarakat Lampung menyaksikan gerhana bulan total pada Selasa (8/11/2022) mendatang.

Fenomena yang cukup unik dan terkenal gerhana bulan total ini akan bisa dinikmati melalui pengamatan OAIL mulai pukul 18.00-21.00 WIB di arena Lampung Fair PKOR Way Halim, Embung C Kampus Itera, dan live streaming kanal Youtube OAIL.

Menurut Kepala OAIL, Hakim L. Malasan, bulan akan terbit di Bandar Lampung pada pukul 17.47 WIB dalam kondisi gerhana bulan sebagian. Pada pukul 18.11 WIB, bulan akan masuk fase gerhana total. Puncaknya pada 18.18 WIB dan berakhir pada 18.25 WIB. 

"Gerhana akan terus berlangsung dengan fase sebagian hingga pada pukul 19.52 WIB, dan akhirnya bulan akan keluar sepenuhnya dari bayangan Bumi (penumbra) pada pukul 20. 49 WIB. Di seluruh wilayah Indonesia, fenomena dapat diamati. Namun, tidak ada wilayah di Indonesia yang dapat mengamati proses terjadinya secara keseluruhan dari awal masuknya Bulan ke bayangan samar Bumi (penumbra) hingga akhir," kata Hakim, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: 33 Tahun FIF Melayani, Fasilitasi Kredit Sepeda Motor hingga Perabotan

Masyarakat Indonesia, kata Hakim, hanya dapat menyaksikan gerhana ini ketika bulan masuk ke dalam penumbra dan umbra Bumi. Saat gerhana bulan total terjadi, bulan akan berwarna kemerahan. 

Hal ini disebabkan adanya cahaya Matahari yang lolos melewati dan dibelokkan oleh atmosfer Bumi, sehingga Bulan menjadi berwarna kemerahan. "Di Lampung, kita dapat mulai mengamati gerhana ini ketika Bulan baru terbit. Ketika itu fase gerhana pada fase puncak gerhana total,” ujar Hakim.

Pengamatan Gerhana Bulan Total untuk publik di kawasan Lampung Fair, PKOR Way Halim Bandar, Lampun dilakukan secara visual menggunakan eyepiece dan teleskop katadioptrik MeadeLX-90 dengan diameter 20 cm f/10. Pada venue ini juga akan ditampilkan live streaming dari teleskop OZT-ALTS. 

Sedangkan pengamatan Gerhana Bulan bersama Himpunan Mahasiswa Sains Atmosfer dan Keplanetan Itera (HIMASAKA) diselenggarakan di Embung C Itera. Acara ini direncanakan dihadiri civitas akademika Itera dan  umum. Pengamatan akan menggunakan empat teleskop BarideOpticsA-102 diameter 102 mm, fokus 900 mm, secara visual menggunakan eyepiece.

Pengamatan virtual juga diselenggarakan bersama di 10 lokasi pengamatan dengan host Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ) dalam acara bertajuk 'Piknik malam bersama Bloodmoon: bincang santai dan Observasi Gerhana Bulan Total'. Acara ini akan disiarkan secara langsung di kanal Youtube POJ (https://www.youtube.com/c/PlanetariumObservatoriumJakarta). 

Untuk kepentingan ini, OAIL akan menggunakan Teleskop OZT-ALTS (refraktor triplet apokromat,diameter 152 mm, panjang fokus 1200 mm, dengan kamera ZWO ASI533 MC Pro). OAIL juga akan melakukan streaming tampilan langsung teleskop melalui kanal Youtube OAIL:https://tinyurl.com/youtube-oail. (FB-06)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama