33 Tahun FIFGroup Melayani, Fasilitasi Kredit Murah untuk Kendaraan sampai Perabot Rumah

33 Tahun FIFGroup Melayani, Fasilitasi Kredit Murah untuk Kendaraan sampai Perabot Rumah
Perayaan HUT Kemilau 33 Tahun FIFGroup yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh jajaran Direksi FIFGroup. Foto: FIFGroup


33 tahun sudah FIFGroup berkiprah. Selama itu pula, banyak pencapaian strategis yang telah diraih FIFGroup dalam memberikan kontribusi pembiayaan kepada masyarakat Indonesia.


Hermawan (42) pengemudi ojol di Bandar Lampung merasa amat terbantu ketika FIFGroup memberikan kebijakan relaksasi kredit ketika pandemi terjadi.

“Dulu waktu pandemi, jangankan buat bayar angsuran motor, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga saja rasanya sulit,” kenang Hermawan.

Ia tak bisa membayangkan seandainya FIFGroup tak mengeluarkan kebijakan relaksasi kredit untuk kreditur seperti dirinya.”Untungnya ada kebijakan relaksasi itu, saya jadi lebih tenang”.

Relaksasi pembayaran kredit yang merupakan instruksi dari pemerintah ini, kemudian diimplementasikan FIFGroup kepada konsumennya yang terdampak Covid-19 dengan cara memperkecil nilai angsuran sehingga dapat dijangkau oleh konsumen.

Kebijakan relaksasi yang dibuat FIFGroup itu tak hanya amat membantu tapi juga kian membuat FIFGroup makin dekat di hati masyarakat Indonesia sebagai solusi pembiayaan kredit yang murah.

Geliat FIFGroup Ditengah Berbagai Tantangan Industri Jasa Keuangan

Selain pandemi Covid-19 yang diprediksi oleh banyak kalangan jika sektor jasa keuangan di bidang pembiayaan bakal terkena dampak serius.

Pasca pandemi, tantangan lain yang harus dihadapi adalah kenaikan harga BBM hingga kelangkaan stok sepeda motor akibat imbas dari fenomena kelangkaan chip semikonduktor, namun kenyataannya berbagai tantangan itu tak membuat laju eksistensi FIFGroup tertahan.

Sebaliknya, tantangan itu justru dijadikan dasar pijakan bagi FIFGroup untuk melakukan berbagai inovasi dan strategi untuk terus melangkah.

Chief Executive Officer FIFGROUP, Margono Tanuwijaya mengatakan sejak awal pandemi, FIFGroup sudah langsung mengambil langkah yang relatif cepat tak hanya untuk mengatur langkah dan kebijakan perusahaan agar tetap eksis tapi juga turut hadir dan berkontribusi membantu masyarakat ketika pandemi terjadi.

Melalui berbagai lini bisnisnya, FIFGroup yang merupakan bagian dari Astra Financial yang bergerak di bidang pembiayaan mencakup pembiayaan roda dua (FIFASTRA), elektronik dan perabotan rumah tangga (SPEKTRA), multiguna (DANASTRA), serta pembiayaan syariah (AMITRA), khusus untuk pembiayaan haji dan umroh serta produk syariah lainnya melakukan setidaknya tiga strategi penting untuk tak hanya bertahan tapi juga meningkatkan kembali laba perusahaan.

“Terdapat tiga strategi penting yang mempengaruhi peningkatan laba bersih PT FIF, yaitu pengendalian biaya mengingat kondisi ekonomi yang masih belum stabil. Selain itu, kami tetap melakukan investasi yang memiliki dampak jangka panjang, sehingga dapat meningkatkan competitive advantage,” jelas Margono Tanuwijaya beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: Mulai 1 Oktober 2022, Tarif Penyeberangan Bakauheni - Merak Naik

Penerapan Strategi Digital Efektif Tingkatkan Laba FIFGroup

Berhasil melalui berbagai tantangan mulai dari pandemi, kenaikan harga BBM hingga kelangkaan stok motor, FIFGroup bahkan membukukan peningkatan laba bersih sebesar 83,20 persen menjadi Rp750,78 miliar pada Januari-Maret 2022, dibanding periode sama pada tahun sebelumnya sebanyak Rp409,80 miliar.

Salah satu faktor penting meningkatkan pendapatan yang diraih FIFGroup itu adalah berkat penerapan strategi inovasi digital yang terus digencarkan oleh perusahaan ini untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat Indonesia.

"Inovasi digital yang dikembangkan oleh PT FIF mengacu kepada setiap proses bisnis berdasarkan perspektif customer journey, mulai dari proses sales, order, akuisisi kredit, penyaluran pembiayaan, manajemen akun/kontrak, hingga proses collateral dalam penyimpanan jaminan kontrak kredit,” jelas Margono Tanuwijaya.

Ia menambahkan bahwa perekonomian yang membaik telah mendukung pergerakan berbagai sektor ekonomi termasuk industri pembiayaan, berdasarkan hal itu FIFGroup kemudian melakukan inovasi strategis dengan menghadirkan berbagai produk digital diantaranya adalah FIFGroup Mobile (FM) Sales dan Digital Leads yang membantu proses penjualan, E-Form dan Smart Acquisition untuk membantu proses pengajuan order dan mempercepat akuisisi kredit customer.

FM Mobile Collection dan Smart Collection untuk mempermudah proses penagihan tanpa harus melakukan kunjungan, dan berbagai produk digital yang membantu proses bisnis lebih efisien, efektif dan produktif.

Penerapan strategi digital itu membuahkan hasil yang maksimal, yakni; FIFGroup mencatatkan pertumbuhan pada nilai penyaluran pembiayaan (Amount Finance) menjadi Rp8,11 triliun pada periode Januari-Maret 2022, naik sebesar 11,59 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2021 yang hanya mencapai Rp 7,27 triliun.

Seiring dengan itu, PT FIF juga membukukan pertumbuhan booking unit (BU) sebesar 5,07 persen menjadi 665 ribu unit pada periode Januari-Maret 2022 dibanding periode sama tahun 2021 yang hanya mencapai sekitar 633 ribu unit.

Selain itu, perkembangan masing-masing Line of Business (LoB) FIFGroup berdasarkan data sampai dengan April 2022 juga menunjukkan geliat pertumbuhan yang cukup positif khususnya pada periode Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

FIFASTRA misalnya, yang merupakan core bisnis perusahaan berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 7,10 triliun pada periode Januari-April 2022, naik 9,10 persen dibanding periode sama tahun 2021 yang mencapai Rp 6,51 triliun.

Tak hanya itu saja,  FIFASTRA juga mencatatkan peningkatan jumlah booking unit sebesar 12,8 persen menjadi 420 ribu unit pada periode Januari-April 2022 dibanding periode sama pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 373 ribu unit.

Kemudian, DANASTRA mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 3,92 triliun atau naik sebesar 13,4 persen pada periode Januari-April 2022 dibanding periode yang sama tahun 2021 dengan nilai pembiayaan sebesar Rp 3,46 triliun.

Sedangkan, jumlah booking unit DANASTRA menjadi 456 ribu booking pada periode Januari-April 2022, turun 1,3 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 461 ribu unit.

Untuk SPEKTRA, jumlah nilai penyaluran pembiayaan mengalami kenaikan sebesar 53,04 persen menjadi Rp 254,45 miliar pada periode Januari-April 2022 dibanding periode sama tahun 2021 yang hanya mencapai Rp 166,24 miliar.

Dari sisi booking unit, SPEKTRA mencatatkan pertumbuhan sebesar 10,13 persen, menjadi 38 ribu unit pada periode Januari-April 2022 dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 35 ribu unit.

Sedangkan untuk unit syariah AMITRA pada periode Januari-April 2022 mengalami peningkatan penyaluran pembiayaan sebesar 4,68 persen menjadi Rp 29,4 miliar dibanding periode yang sama pada tahun 2021 yang mencapai Rp 28,06 miliar.

Namun, secara jumlah booking unit, Amitra mencatatkan pertumbuhan sebesar 41,05 persen, menjadi 1.687 unit pada periode Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 yang mencapai 1.196 unit.

Program Berkelanjutan ESG FIFGroup

Di saat keberhasilan FIFGroup membukukan keuntungan melalui berbagai inovasi, FIFGroup juga terus konsisten mendukung implementasi program berkelanjutan yang mengacu kepada Environment, Social, and Governance (ESG).

PT FIF telah mencatatkan pelaksanaan berbagai program yang masuk ke dalam 4 pilar, yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.

Pada pilar kesehatan, dalam rangka merayakan HUT Kemilau 33 Tahun, PT FIF mendukung program Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengumpulkan kantong darah sebagai persediaan darah untuk masyarakat Indonesia, di mana PT FIF menargetkan untuk mengumpulkan 33.000 kantong darah sepanjang tahun 2022.

Program yang juga dihadirkan oleh PT FIF pada pilar kesehatan di antaranya adalah program stunting untuk membantu 130 anak penderita stunting di 13 wilayah di Indonesia.

Untuk pilar lingkungan, hingga April 2022, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun, PT FIF menyalurkan Dana Sosial Syariah dengan mengimplementasikan penanaman 33.000 pohon sepanjang 2022 se-Indonesia, di mana hingga bulan April 2022 PT FIF telah melaksanakan penanaman sebanyak 10.525 bibit.

Selain melakukan penanaman pohon, dalam rangka melestarikan lingkungan PT FIF melakukan pemasangan solar panel sebagai salah satu sumber energi listrik di 7 cabang PT FIF pada tahun 2022 dengan total kapasitas yang berhasil terpasang sebesar 86,4 kilowatt-peak (KWp).

Program itu diharapkan dapat mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global, sehingga operasional bisnis PT FIF lebih ramah lingkungan.

Untuk membantu pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT FIF menargetkan penyaluran Program Dana Bergulir yang berasal dari Dana Sosial Syariah, dimana program tersebut telah berlangsung sejak tahun 2016 hingga tahun 2021 dengan total jumlah penerima kebermanfaatan sebanyak 803 UMKM.

Pada tahun ini, PT FIF kembali melaksanakan program tersebut dengan menargetkan penyaluran program pinjaman modal usaha tanpa bunga untuk 550 pelaku UMKM di tahun 2022 dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 1,9 miliar, sehingga total jumlah penerima Program Dana Bergulir dari 2016 hingga 2022 sebesar 1.353 UMKM dengan total dana yang disalurkan lebih dari Rp 4,2 miliar.

Di dalam program tersebut, selain penyaluran dana bergulir, UMKM yang menjadi peserta program tersebut akan menerima program pengembangan dan pembinaan dalam bentuk pelatihan serta webinar dalam rangka meningkatkan pengetahuan UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Pada pilar pendidikan, PT FIF turut melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan untuk 33 Panti Asuhan di Indonesia dalam mengembangkan program pembinaan bagi santri-santri di seluruh panti asuhan tersebut.

Program lainnya yang dilakukan untuk mendukung pendidikan di Indonesia adalah dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Guru sebagai program untuk meratakan kompetensi guru-guru di Indonesia.

33 Tahun FIFGroup Melayani, Fasilitasi Kredit Murah untuk Kendaraan sampai Perabot Rumah


Diganjar Banyak Penghargaan

Buah dari kiprah FIFGroup selama 33 tahun ini juga diganjar banyak penghargaan berkelas yang kian membuktikan eksistensi FIFGroup sebagai pemimpin industri pembiayaan di Indonesia.

Berbagai penghargaan itu diantaranya,  Spektra meraih penghargaan The Most Favorite Home Appliance Finance for Real Estate Industry dalam ajang Urbancity Indonesia Banking & Real Estate Awards 2022.

Kemudian, FIFGroup juga meraih penghargaan sebagai peringkat pertama (1st Rank) di 11th Infobank-Isentia Digital Brand Award 2022 pada kategori Perusahaan Pembiayaan Aset Rp 25 Triliun ke Atas menurut penilaian Digital Brand Index Survey 2022 dan hasil kolaborasi bersama Isentia.

Penghargaan ini diraih FIFGroup dua kali berturut-turut yakni pada 2021 lalu, FIFGroup juga meraih penghargaan serupa untuk kategori Financial Performance Full-Year 2021 with Predicate Excellent pada kategori Perusahaan Pembiayaan Aset Rp 10 Triliun ke Atas.

Selain itu, dua penghargaan juga diberikan kepada PT Astra Multi Finance (SPEKTRA) yaitu The Best Performance Multifinance Company serta Platinum Trophy, dengan kategori Perusahaan Pembiayaan Aset Rp 500 Miliar hingga Rp 1 Triliun.

Tak hanya itu saja, CEO FIFGroup,  Margono Tanuwijaya juga menerima penghargaan sebagai Indonesia Best CEO Awards 2022 - Employees’ Choice” : In Multifinance - Above 30 Trillion IDR Category, yang diberikan oleh The Iconomics.

Terpilihnya Margono Tanuwijaya sebagai salah satu penerima The Best CEO Awards 2022, tidak terlepas dari kepemimpinannya dalam memanfaatkan berbagai sumber daya, agile terhadap perkembangan zaman, konsisten dalam melakukan continuous improvement dan semangat dalam mengimplementasikan nilai-nilai budaya FIFGROUP yaitu Teamwork, Excellence, Achieving and Moving Forward (TEAM).

Tahun sebelumnya (2021) FIFGroup juga meraih banyak penghargaan, seperti dari The Iconomics Research and Consulting sebagai Best-Performing Multifinance kategori aset di atas Rp 30 triliun. The Iconomics menilai FIFGroup sebagai perusahaan multifinance terbaik yang mampu mempertahankan kinerja gemilang selama masa pandemi.

Masih di tahun yang sama, FIF Group berhasil meraih penghargaan dari Majalah Marketing dan Digital One & Survey One karena keberhasilan perusahaan menjalankan transformasi digital terbaik untuk meraih keunggulan jangka panjang.

PT Federal International Finance juga meraih penghargaan sebagai “Indonesia Corporate Pandemic Heroes” dari majalah SWA Media.

Prestasi lain yang juga diraih FIFGroup adalah meraih dua penghargaan sekaligus pada ajang HR Excellence Award 2021. FIFGroup meraih penghargaan AA (Very Good) Rating pada kategori HR Digitization & People Analytics serta Learning & Development yang digelar SWA Media dan LM-FEBUI.

CEO FIFGroup, Margono Tanuwijaya menilai berbagai penghargaan yang diraih oleh FIFGroup ini menjadi apresiasi bagi seluruh insan FIF Group se-Indonesia, atas kinerja dan kontribusi dalam menangkap berbagai peluang yang muncul di tengah masyarakat.

“Kami berharap, penghargaan ini dapat menjadi penyemangat yang baru bagi seluruh insan FIFGroup agar terus memberikan pelayanan yang terbaik dan mempertahankan kinerjanya dalam memajukan bisnis, serta dengan pesatnya perkembangan pemasaran secara digital”. (Aditya Akbarsyah)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama