Dinas Kesehatan Lampung Temukan Dua Anak Pengidap Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal

Dinas Kesehatan Lampung Temukan Dua Anak Pengidap Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal


Bandar Lampung (Forum) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengatakan telah ditemukan dua orang anak mengidap penyakit gagal ginjal akut progresif atipikal di Provinsi Lampung.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana melalui akun Instagram resmi Dinas Kesehatan Lampung (@dinkeslampung) yang diposting pada Jumat (21/10).

"Berkenaan dengan adanya peningkatan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal yang terjadi pada anak usia 0 sampai 18 tahun atau mayoritas pada anak balita yang terjadi di Indonesia. Pada hari ini (Jumat, 21 Oktober 2021) di provinsi Lampung telah ditemukan satu orang anak berusia 11 bulan berasal dari kota Bandar Lampung menderita AKI," katanya, Sabtu (22/10)

Lanjutnya saat ini anak tersebut tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Abdul Moeloek Provinsi Lampung.

Reihana menambahkan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung telah melakukan pemeriksaan di antaranya penyidikan epidemiologi, pengambilan spesimen darah, tes usap nasofaring dan pemeriksaan obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien.

"Yang pertama penyidikan epidemiologi, yang kedua telah mengambil spesimen berupa darah, urine, dan juga telah melakukan pemeriksaan obat-obatan yang telah dikonsumsi oleh pasien tersebut," jelas dia.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan tetap berperilaku bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit tersebut.

"Masyarakat diimbau terus memperhatikan kondisi anak. Apabila ditemukan anak usia 0 sampai 18 tahun memiliki gejala seperti buang air kecil atau sedikit atau bahkan tidak ada urinenya yang terjadi secara tiba-tiba, untuk segera melaporkan kejadian tersebut pada pelayanan kesehatan terdekat".

Terbaru, melalui Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim bahwa ada 2 anak yang mengalami gejala tersebut per 22 Oktober 2022. Saat ini pun dilakukan perawatan di rumah sakit umum.

"Sebagai informasi sudah ditemukan 2 kasus di Lampung, yaitu anak usia 11 bulan dan 1 tahun," katanya saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Kedua balita tersebut berasal dari Kota Bandar Lampung dan sedang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek.

"Kedua nya dari kota Bandar Lampung, saat ini lagi dalam perawatan di RSUDAM". (FB-06)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama