20 April 2023, Gerhana Matahari Hibrida Bisa Disaksikan di Langit Lampung

20 April 2023, Gerhana Matahari Hibrida Bisa Disaksikan di Langit Lampung


Bandar Lampung (Forum) - Sebuah fenomena yang hanya terjadi kurang dari 10 tahun sekali, yakni; Gerhana Matahari Hibrida akan bisa disaksikan di langit Lampung pada tanggal 20 April 2023 mulai pukul 09.31 WIB.

Diketahui puncak fenomena gerhana matahari hibrida ini akan terjadi pada pukul 10.43 WIB dengan durasi waktu yang relatif lama hingga 2 jam 30 menit.

Baca Juga: Lampung tak Maju-maju, Arinal Bantah Maki Orang Tua Bima

Gerhana Matahari Hibrida adalah bagian dari rangkaian berupa gerhana matahari cincin serta gerhana matahari total yang kemudian  diakhiri dengan gerhana Matahari cincin kembali.

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang menyebut fenomena langka ini hanya terjadi 596 kali tiap 5.000 tahun dengan asumsi rata-rata kejadiannya sekitar 8,8 tahun sekali.

"Gerhana Matahari Hibrida merupakan hal yang sangat langka. Hal ini terjadi dikarenakan jarak bumi dan bulan yang berubah-ubah saat bayang bulan jatuh ke permukaan bumi. Sehingga, ada wilayah yang mengalami Gerhana Matahari Total dan wilayah lainnya mengalami Gerhana Matahari Cincin." ujarnya.

Gerhana Matahari Hibrida ini terakhir kali muncul pada tahun 1807. Setelah melintas langit Indonesia per April 2023, Gerhana Matahari Hibrida akan bisa diamati lagi pada tahun 2049 mendatang. (FB-07)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama