Kombes Joko Sumarno Akui Serahkan Uang Rp 150 juta ke Karomani

 


Kombes Joko Sumarno Akui Serahkan Uang Rp 150 juta ke Karomani


Bandar Lampung (Forum) - Kombes Joko Sumarno mengakui menyerahkan uang Rp 150 juta kepada Karomani, hal ini terungkap dalam sidang lanjutan perkara kasus suap Unila, Selasa (7/2).

Mantan Kapolres Jeneponto ini dihadirkan sebagai saksi dalam perkara untuk tiga terdakwa yakni Karomani, Heryandi dan M Basri.

Kombes Joku Sumarno menyerahkan uang itu untuk menyumbang pembangunan gedung Lampung Nahdliyin Center (LNC).

Sumbangan itu diberikan kepada Karomani pasca anaknya diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung pada tahun 2022.

Baca Juga: Warek II Unila Sempat Ancam Karomani: Kita Masuk Penjara Sama-sama

Awalnya jaksa penuntut umum KPK RI bertanya terkait awal mula penyerahan uang tersebut kepada saksi Kombes Joko Sumarno.

"Saksi pernah dihubungi Karomani setelah (anak) lulus, kapan?" tanya jaksa KPK.

"Pernah, itu yang jelas saya masih di Bandung dan saya dikabari bahwa anak saya lulus," jawab saksi yang saat ini menjabat sebagai Widyaiswara Sespim Lemdiklat Polri.

Di saat komunikasi via telepon itu, Karomani lalu menyampaikan kepada dirinya jika sedang membangun gedung Lampung Nahdliyin Center (LNC).

"Beliau menyampaikan sedang membangun aula. Kalau mau menyumbang silakan," kata saksi Joko menirukan perkataan Karomani saat itu.

Kombes Joko Sumarno yang juga merupakan Mantan Dirkrimsus Polda Banten ini mengaku menyerahkan uang Rp 150 juta itu di rumah terdakwa Karomani sebulan pasca kelulusan anaknya berinisial SNA.

Di hadapan majelis hakim, mantan Kabid TIK Polda Lampung ini juga mengakui jauh sebelum menyerahkan uang tersebut, sempat menghubungi Karomani untuk berkonsultasi terkait anaknya yang hendak masuk di Fakultas Kedokteran Unila melalui jalur prestasi.

Saat bertemu tersebut, Karomani lalu menyarankan agar anaknya mendaftar melalui jalur mandiri. Kombes Joko Sumarno lalu sempat menyerahkan fotocopy kartu tanda peserta anaknya tersebut kepada Karomani, hingga akhirnya ia dikabari jika anaknya lulus. (FB-07) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama