Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi


Lamsel (Forum) - Gunung Anak Krakatau kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya. Tercatat sejak kemarin hingga Kamis (12/1) dini hari, gunung berapi aktif itu sudah empat kali erupsi.

Akibat erupsi Gunung Anak Krakatau itu, ketinggian abu vulkanik bahkan mencapai 200-300 meter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari website resmi Badan geologi di magma.esdm.go.id, erupsi pada Kamis (12/1) terjadi pukul 00.46 WIB dengan tinggi abu vulkanik mencapai 300 m di atas puncak atau sekitar 457 di atas permukaan laut.

Abu vulkanik teramati berwarna kelabu hingga coklat dan berintensitas tebal ke arah Timur Laut. Seismograf merekam dengan amplitudo maksimum  mencapai 45 mm dan durasi 16 detik.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Erupsi, Ketinggian Abu Vulkanik Capai 300 meter

Pada hari Rabu (11/1), erupsi terjadi tiga kali. Pertama, pada pukul 17.54 WIB dengan tinggi abu vulkanik mencapai 200 m di atas puncak atau sekitar 357 di atas permukaan laut.

Abu vulkanik teramati berwarna hitam tebal dan berintensitas tebal ke arah Timur Laut. Seismograf merekam dengan amplitudo maksimum  mencapai 50 mm dan durasi 33 detik.

Setelah itu, pada pukul 22.41 WIB dengan tinggi abu vulkanik mencapai 200 m di atas puncak atau sekitar 357 di atas permukaan laut. Abu vulkanik teramati berwarna hitam dan berintensitas tebal ke arah Timur Laut.

Abu vulkanik teramati berwarna kelabu dan berintensitas sedang hingga tebal ke arah Timur Laut. Seismograf merekam dengan amplitudo maksimum  mencapai 20 mm dan durasi 20 detik.

Hari ini, Rabu (11/1) pada pukul 23.25 WIB terjadi erupsi lagi dengan tinggi abu vulkanik mencapai 300 meter di atas puncak atau sekitar 457 meter di atas permukaan laut.

Abu vulkanik teramati berwarna kelabu dan berintensitas sedang hingga tebal ke arah Timur Laut. Seismograf merekam dengan amplitudo maksimum  mencapai 28 mm dan durasi 13 detik.

Dalam keterangan resmi Badan Geologi, masyarakat atau wisatawan diimbau untuk tidak mendekati kawah dengan jarak 5 kilometer. Sampai saat ini pun Gunung Anak Krakatau masih berstatus Siaga. (FS-12)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama