Situs Pugung Raharjo Berpeluang Dijadikan Taman Geopark dan Astronomi

Situs Pugung Raharjo Berpeluang Dijadikan Taman Geopark dan Astronomi


Lamtim (Forum) - Situs Pugung Raharjo yang ada di Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur berpeluang untuk ditetapkan sebagai Taman Geopark dan Astronomi.

Berdasarkan hasil penelitian oleh tim dosen Institut Teknologi Sumatera (Itera) dari Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan yang melakukan penelitian kecerlangan langit di kawasan itu.

"Penelitian terkait potensi astrowisata dan geosite Situs Pugung Raharjo kami lakukan sejak 5 Juli 2022," kata ketua Tim Penelitian Itera, Hendra Agus Prastyo.

Baca Juga: Makmur, Ekosistem Pertanian untuk Kesejahteraan Petani Indonesia

Hasil penelitian menggunakan Sky Quality Meter (SQM) di beberapa titik di situs purbakala tersebut, didapatkan nilai kecerlangan langit malam tertinggi yaitu 20,07 MPAS dengan rata-rata 20,01 MPAS.

Hal ini menjadikan daerah Situs Purbakala Pugung Raharjo tempat dengan kondisi langit malam yang masih bersih dan sangat cocok menjadi tempat pengamatan astronomi dan menjadi pusat astrowisata atau wisata astronomi.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Itera yang melakukan penelitian adalah para dosen yang tergabung dalam Pusat Riset dan Inovasi Wisata Geopark Global dan Wisata Langit.  (FT-08)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama