Kasus Suap Rektor Unila, Ketua Senat M. Basri akui Terima Uang Rp 780 juta

Kasus Suap Rektor Unila, Ketua Senat M. Basri akui Terima Uang Rp 780 juta


Bandar Lampung (Forum) - Ketua Senat Unila, M. Basri mengakui telah menerima uang sebesar Rp780 juta dari orang tua calon mahasiswa. Hal ini terungkap dalam sidang lanjutan kasus suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Unila, terhadap terdakwa Andi Desfiandi di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Bandar Lampung, Rabu (14/12/2022).

Dalam keterangan itu pula, M. Basri menjelaskan uang itu kemudian diserahkan ke Wakil Rektor I Unila non aktif Heryandi, yang juga ditetapkan tersangka dalam kasus suap Unila.

"Semuanya diterima Rp780 juta dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2022, itu kemarin semuanya diserahkan ke Heryandi. Saya dikasih Rp150 juta oleh Heryandi, lalu Rp330 juta diberikan ke Dekan Fakultas Teknik Unila Helmy Fitriawan ditemuian di loteng rumahnya," kata M. Basri dalam persidangan.

Sebelum menceritakan uang yang diterimanya, M. Basri membeberkan awal mula adanya titipan tersebut. Awalnya mereka datang ke kantor meminta tolong, Heryandi bilang titipkan saja dan taruh di mejanya.

Baca Juga: Kasus Suap Rektor Unila, Zulkifli Hasan Bungkam

Namun titipan tersebut hanya nomor peserta saja, jadi kalau ada siapapun yang nitip, diletakkan di meja dan direkap stafnya Heriyandi. Namun untuk proses selanjutnya terkait jalur mandiri, Basri mengaku tidak mengetahuinya.

"Itu titipan berkas nomor peserta, prosesnya saya tidak paham karena saya hanya menerima berkas pendaftaran. Saat lulus, mereka ada yang ngasih ada yang tidak, mereka antarkan sendiri lalu saya serahkan ke Heryandi," ujar M. Basri.

Kemudian M. Basri ditanya oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK terkait komunikasi dengan Heryandi, sehingga mau menerima titipan, hingga cara penerimaan uang. Namun M. Basri menjawab, penerimaan uang itu setelah memberi uang, namun hasilnya M. Basri serahkan ke Heryandi.

M. Basri juga ditanya selain menyetorkan uang, apakah Heryandi memberikan syarat tertentu seperti passing grade dan lainnya. M. Basri menjawab itu ada, namun ia tidak paham mekanisme mahasiswa yang di bawah passing grade bisa lulus. (FB-06)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama