Setelah Menkominfo dan Dirjen APTIKA, Bjorka Bocorkan Data Puan

Setelah Menkominfo dan Dirjen APTIKA, Bjorka Bocorkan Data Puan

Jakarta (Forum) - Setelah Menkominfo, Johnny G Plate dan Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani, kini giliran Ketua DPR Puan Maharani yang datanya pribadinya diduga bocor di medsos. Pelakunya tak lain adalah Bjorka.

Format data pribadinya juga sama dengan rincian tampilan data Johnny dan Semuel. Rincian memuat nama, nomor telepon, alamat, pekerjaan hingga catatan (ID) vaksin.

Di grup Telegram, Bjorka tak cuma membeberkan data Puan. ID Bjorka juga menyinggung soal perayaan ultah Puan Maharani di DPR bersamaan dengan demo penolakan BBM pada Selasa (6/9) lalu.

Bjorka menanyakan bagaimana perasaan Puan berulang tahun di tengah protes demo BBM saat itu.

Bjorka sebelumnya membocorkan data pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate di grup Telegramnya, Sabtu (10/9).

Data yang ditampilkan oleh Bjorka dari sebuah tangkapan layar itu terdiri dari nama, No HP, alamat, NIK, KK, tempat tanggal lahir, pekerjaan, Pendidikan, agama, tipe darah, status perkawinan, status keluarga, nama ayah dan ibu, nama istri, hingga nomor ketiga vaksin milik Menkominfo Johnny G. Plate.

Bjorka mem-posting gambar berisi data tersebut dengan caption “Happy birthday”, yang memang berulang tahun hari ini. 

Tidak diketahui pasti dari database mana Bjorka memperoleh informasi ini.

Data Semuel A. Pangerapan, Dirjen Aptika Kominfo juga tak luput dari perhatian hacker atu ini. 

Data yang terpampang tersebut meliputi nama lengkap, nomor telepon, NIK, alamat, nomor vaksin hingga nomor KK. Di Twitter, Bjorka juga berani me-mention akun @SPangerapan.

Semuel telah mewanti-wanti siapa saja hacker yang mencoba mencuri data pribadi masyarakat Indonesia, akan terancam hukuman pidana. Sanksi tersebut diambil jika perbuatan itu merugikan masyarakat.

Semuel pernah menyebut, usaha negara untuk membangun ruang digital yang lebih maju adalah salah satu upaya agar masyarakat tak dirugikan lagi ke depannya. 

Karena itu Semuel memberi ultimatum siapa saja hacker yang telah membobol hingga data-datanya beredar di forum hacker akan berhadapan dengan hukum. (dbs)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama