Terasa Hingga ke Lampung, Gempa Bengkulu Berada di Zona Megathrust


Jakarta (Forum) - Gempa tektonik bermagnitudo 6,5 dengan parameter update 6,3 magnitudo mengguncang wilayah Samudra Hindia, Barat Bengkulu pada Selasa (23/8/2022) malam. 

Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan gempa bumi yang terjadi pukul 21.39 WIB ini episenternya terletak pada koordinat 5,22° LS dan 102,95° BT. 

Lokasi gempa tepatnya berada di laut pada jarak 80 Km arah selatan Kota Manna, Bengkulu pada kedalaman 52 Km. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal. 

Hal ini berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. 

Analisis BMKG menunjukkan bahwa penyebab gempa Bengkulu pada Selasa malam, terjadi akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujar Daryono seperti dikutip dari Kompas.

Dampak gempa Bengkulu Gempa Bengkulu berkekuatan M 6,5 tadi malam, berdampak dan dirasakan di daerah Kaur dengan skala intensitas V MMI, daerah Liwa dengan skala intensitas IV-V MMI,, daerah Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Enggano dengan skala intensitas IV MMI, serta daerah Kota Bengkulu, Muko-muko, Argamakmur, Manna, Putri Hijau, Musi Rawas, Oku Selatan, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dengan skala intensitas III-IV MMI.

Selain itu, wilayah Martapura, Panimbang, Kec. Ngaras, Bandar Lampung, Muara Dua, Semaka, Pematang Sawah, Palembang juga merasakan gempa dengan skala intensitas III MMI.

Sedangkan daerah Bayah, Malingping, Ujung Kulon, Kec. Pesisir Tengah, Labuan dengan skala intensitas II-III MMI, dan daerah Kerinci, Padang dengan skala intensitas II MMI. Daryono menegaskan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa Bengkulu yang berpusat di Samudra Hindia tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. 

Atas peristiwa ini, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Selain itu, terkait gempa Bengkulu tadi malam, masyarakat diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. 

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (dbs)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama