Kisah Muhammad Radhitya Naufal Wakil Provinsi Lampung Peraih Medali Emas di KSM Nasional yang Sukses Menyisihkan Peserta dari 34 Provinsi di Indonesia

 

Kisah Muhammad Radhitya Naufal Wakil Provinsi Lampung Peraih Medali Emas di KSM Nasional yang Sukses Menyisihkan Peserta dari 34 Provinsi di Indonesia
Muhammad Radhitya Naufal dari SD Islam Az Zahra peraih medali emas di KSM Nasional 2023. foto: dok. SD Islam Az Zahra 

Bandar Lampung - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional tahun 2023 yang berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara baru saja usai, banyak kenangan yang masih diingat oleh Muhammad Radhitya Naufal, wakil Provinsi Lampung dari SD Islam Az Zahra yang sukses meraih medali emas menyisihkan 34 peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam KSM tingkat nasional itu, Muhammad Radhitya Naufal mengikuti bidang matematika tingkat SD/MI. Terdapat dua jenis tes yang harus ia lalui, meliputi tes berbasis komputer (CBT) dan tes eksplorasi.

Tes CBT dalam KSM berupa pilihan ganda dan esai serta tes eksplorasi yang disiapkan secara khusus oleh Komite Ahli KSM Nasional.

Dua tes itu berhasil dihadapi Muhammad Radhitya Naufal dengan lancar sampai kemudian Komite Ahli KSM nasional mengumumkan bahwa Muhammad Radhitya Naufal berhasil menjadi juara untuk bidang matematika tingkat SD/MI dan berhak memperoleh medali emas.

Kepala Seksi Guru Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Ros Wildan, S.Ag, M.Pd bahkan secara khusus menyatakan rasa bangganya terhadap kemampuan Muhammad Radhitya Naufal yang berhasil meraih medali emas dan mengharumkan nama Provinsi Lampung dikancah nasional.

“Radhitya ini luar biasa, dari dua tes yang ia ikuti di KSM nasional ia yakin sekali bisa menjawab semua soal. Dan, dari ratusan soal di tes KSM itu, ia hanya ragu di satu jawaban saja. Ini luar biasa sekali, Radhitya sangat optimis bisa memenangkan kompetisi tingkat nasional ini,” kata Kepala Seksi Guru Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Ros Wildan, S.Ag, M.Pd saat memberikan sambutan ketika menyambut kedatangan kontingen KSM Provinsi Lampung di MTs 2 Bandar Lampung, Kamis malam (7/9/2023).

Ros Wildan juga menambahkan keberhasilan Muhammad Radhitya Naufal meraih medali emas ini juga menjadi salah satu penentu sehingga kontingen KSM Provinsi Lampung berhasil meraih predikat terbaik ke empat tingkat nasional.

“Di tingkat nasional Provinsi Lampung memang terbaik ke empat, tapi diluar Pulau Jawa, Provinsi Lampung adalah terbaik pertama,” kata Ros Wildan bangga.

Ros Wildan juga secara khusus berterima kasih kepada Yayasan Fatimah Az Zahra yang telah banyak memberikan kontribusi dalam melakukan pembinaan terhadap para kontingen Provinsi Lampung, mengingat tiga dari 11 kontingen Provinsi Lampung, yakni; Muhammad Radhitya Naufal, Faith Atha Zaidan, Maliqi Radhitya Hakim mendapatkan pembinaan langsung oleh Yayasan Fatimah Az Zahra dan keempatnya berhasil meraih 2 medali emas dan 1 medali perak. (msr)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama