Dua Siswa SD Islam Az Zahra Wakil Provinsi Lampung Siap Bertanding di KSM Nasional 2023

 

Dua Siswa SD Islam Az Zahra Wakil Provinsi Lampung Siap Bertanding di KSM Nasional 2023

Bandar Lampung (Forum) – Dua siswa SD Islam Az Zahra yang menjadi wakil dari Provinsi Lampung siap bertanding dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional yang berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara, tanggal 3 – 7 September 2023.

Kedua siswa SD Islam Az Zahra itu yakni; Muhammad Radhitya Naufal dan Faith Atha Zaidan. Keduanya berangkat menuju Kendari, Sulawesi Tenggara bersama siswa SMP/MTs dan SMA/MA yang juga mewakili Provinsi Lampung dalam KSM nasional 2023 beserta Kemenag Provinsi Lampung.

Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kanwil Kemenag Lampung, Drs. H. Alamsyah, M.Pd optimis kontingen dari Provinsi Lampung akan berhasil meraih juara dalam KSM nasional.

“Insyaallah kita optimis, siswa perwakilan dari Provinsi Lampung bisa meraih juara dalam KSM nasional di Kendari,” kata Drs. H. Alamsyah, M.Pd ketika meninjau proses pembinaan siswa yang dilakukan oleh Yayasan Fatimah Az Zahra beberapa waktu lalu.

Proses pembinaan yang dilakukan juga, lanjut Drs. H. Alamsyah, M.Pd, sudah sangat maksimal yang bekerjasama dengan Yayasan Fatimah Az Zahra Lampung dalam intensifikasi pembinaan siswa tingkat SD dan SMP/MTs.

“Target kita untuk Provinsi Lampung adalah medali emas,” kata Drs. H. Alamsyah, M.Pd optimis.

Sementara itu, dua siswa SD Islam Az Zahra, Muhammad Radhitya Naufal dan Faith Atha Zaidan menyatakan kesiapan mereka mengikuti KSM tingkat nasional untuk bersaing dengan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

Sebelumnya dalam KSM tingkat Provinsi Lampung, Faith Atha Zaidan berhasil meraih skor tertinggi 94 untuk kategori mata pelajaran IPA Terintegrasi dan unggul dari 75 peserta lain yang berasal dari 15 kabupaten/kota di Lampung.

Sedangkan, Muhammad Raditya Naufal meraih peringkat pertama untuk kategori mata Pelajaran Matematika Terintegrasi tingkat sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah yang diikuti oleh peserta dari 15 kabupaten/kota di Lampung.

KSM Nasional 2023 Siap Digelar

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional yang digelar mulai 3 September hingga 7 September 2023 di Kendari, Sulawesi Tenggara akan diikuti oleh 374 siswa dari seluruh Indonesia.

Para peserta yang menjadi wakil dari masing-masing provinsi ini adalah yang mendapatkan juara 1 per bidang studi pada pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Tahun 2023.

KSM yang yang digelar sejak tahun 2012 menjadi ajang membangun budaya kompetisi. Kegiatan ini digelar Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Direktur Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, KSM merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan minat dan bakat di Bidang sains bagi para siswa Madrasah dari mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

"KSM merupakan wadah bagi siswa Madrasah untuk untuk berkompetisi dan mengembangkan bakat dan minat di bidang sains" jelas Ali Ramdhani seperti dilandis laman pendis.kemenag.

Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan semangat siswa mengasah kemampuan intelektual emosional dan spiritual berlandaskan nilai-nilai agama serta mengikuti budaya kompetitif yang positif sehingga siswa kelak menjadi insan-insan yang bermanfaat dan mampu bersinergi dengan situasi dan kondisi pada setiap zaman.

Ia menambahkan, KSM juga bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif dan berwawasan kebangsaan siswa Madrasah. KSM juga membentuk siswa menjadi cerdas, sehat, disiplin dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi sesuai tema yang diangkat di KSM 2023. (msr)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama