Menengok Kampung Heterogen di Tulangbawang

 

Menengok Kampung Heterogen di Tulangbawang

Tulangbawang (Forum) - Provinsi Lampung memiliki kampung yang dihuni dari berbagai macam suku, budaya dan agama.

Salah satu kampung tersebut berada di Kabupaten Tulang Bawang yakni bernama Kampung Penawar Rejo, yang terletak di Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

Karena warganya terdiri dari beragam suku, budaya dan agama, kampung tersebut ditetapkan sebagai Kampung Kerukunan oleh Kejaksaan Tinggi Lampung dan pemerintah setempat.

Kampung Penawar Rejo resmi ditetapkan menjadi Kampung Kerukunan pada Selasa (22/8) lalu. Penetapan itu dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, Nanang Sigit Yulianto dan dihadiri juga oleh Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang, Qodratul Ikhwan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, Nanang Sigit Yulianto mengatakan, Kampung Penawar Rejo ditetapkan menjadi percontohan pertama Kampung Kerukunan yang ada di Tulang Bawang, Lampung.

"Kampung ini melambangkan keramahan terhadap pendatang dan warganya mudah beradaptasi," kata Kajati Lampung, Nanang Sigit Yulianto.

Menurutnya, proses penetapan Kampung Kerukunan telah dilakukan sejak dari tahun lalu, di mana ada 147 kampung di Tulang Bawang yang dilakukan seleksi.

Dalam proses itu dilakukan oleh tim Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Masyarakat (Tim Pakem) tahun 2023 bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang.

"Kampung Penawar Rejo layak menyandang predikat Kampung Kerukunan. Kampung ini dihuni berbagai suku, ragam budaya, dan pemeluk agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu," jelasnya.

Nanang mengharapkan, dengan ditetapkan Kampung Penawar Rejo sebagai Kampung Kerukunan diharapkan perbedaan suku, agama, dan budaya dapat menumbuhkan kerukunan dan sikap toleransi serta menjadi percontohan untuk kampung lainnya.

"Warga Penawar Rejo tetap menjaga kebersamaan, saling menghargai, dan kerja sama mewujudkan keamanan, kedamaian, dan kesejahteraan," tandasnya. (FTb-09)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama