Itera Rancang Sistem Pengelolaan Sampah dari Hulu hingga Hilir

Itera Rancang Sistem Pengelolaan Sampah dari Hulu hingga Hilir


Bandar Lampung (Forum) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) akan khusus merancang sistem pengelolaan sampah yang berasal dari hulu hingga hilir.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor Institut Teknologi Sumatra (Itera) Prof.  I Nyoman Pugeg Aryantha. Ia mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang fokus pada permasalahan sampah.

"Ini adalah permasalahan yang real langsung kita jalankan bukan hanya teori pelajaran di kelas kemudian mendiskusikan nya, saya selaku pimpinan ingin itera merancang sistem pengelolaan sampah mulai dari hulu sampai Hilir," katanya.

Bukan hanya pengelolaan sampah, Rektor melanjutkan pihaknya juga sedang fokus terhadap pemanfaatan bagaimana pengelolaan sampah menjadi menarik dan mendulang profit.

"Kita buat tim mulai dari sampah organik sampai non organik, itu kita semua sudah pikirkan yang organik kita langsung jadikan input makan untuk periksa sudah cukup populer di masyarakat jadi kita kita menghasilkan produk protein yang nanti bisa digunakan untuk makan ternak makan ikan dan lain sebagainya," ungkapnya.

"Termasuk di dunia kesehatan juga bisa dipakai karena kulitnya itu bisa dimanfaatkan untuk magnetik dan lain-lain," lanjutnya.

Kemudian lanjut Rektor, an-organik juga dapat bernilai ekonomi langsung dengan di recycle seperti minuman bisa langsung ke bank sampah.

"Kemudian yang tidak bernilai ekonomis seperti kresek sachet dan lain-lain itu kita hancurkan dalam ukuran yang kecil itu menjadi produk-produk seperti batako," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua UI Green Metric Riri Fitri Sari mengatakan, saat ini terdapat 126 kampus di Indonesia yang mengikuti UI Grand Matrix dan di prediksi terus bertambah.

"Kampus yang mengikuti pemeringkan UI Grand Matrix, harus memperhatikan unsur lain diluar akademik. Harus lebih memperhatikan masalah sustainable kampus bukan hanya masalah akademik saja," pungkasnya. (FB-06) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama