Gelar Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Cidera, SMP Islam Az Zahra Hadirkan Aswin Yusuf

Gelar Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Cidera, SMP Islam Az Zahra Hadirkan Aswin Yusuf


Bandar Lampung (Forum) - SMP Islam Az Zahra menggelar pelatihan pencegahan dan penanganan cidera pada anak di sekolah untuk para dewan guru dan seluruh staf, yang berlangsung Sabtu (12/08/2023) di aula SMP Islam Az Zahra.

Pelatihan itu menghadirkan pemateri khusus yakni; Aswin Yusuf, pemegang lisensi nasional Sport Massage dan Rehabilitasi Cidera.

Dalam pelatihan itu, Aswin Yusuf menjelaskan pentingnya memiliki keterampilan dalam penanganan dan pencegahan dalam pertolongan pertama ketika terjadi cidera di sekolah.

Tujuan dari memiliki keterampilan dalam melakukan penanganan cidera adalah untuk memberikan pertolongan pertama ketika terjadi cidera.

“Hal utama yang harus dilakukan ketika terjadi cidera adalah tidak panik dan melakukan tindakan pertolongan pertama setelah mengidentifikasi jenis cidera yang terjadi sehingga bisa dengan tepat dalam mengambil tindakan penanganan,” kata Aswin Yusuf.

Dalam pelatihan itu juga, dilakukan simulasi penanganan ketika terjadi cidera maupun pingsan.

Aswin Yusuf mengapresiasi upaya SMP Islam Az Zahra yang berinisiatif untuk menggelar pelatihan ini, karena menurutnya pelatihan tentang penanganan cidera ini menjadi sangat penting bagi sekolah khususnya terhadap para siswa.

Guru Olahraga SMP Islam Az Zahra, Pindo Rizky Ramadhan mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan tentang keterampilan penanganan cidera.

Sementara itu, Kepala SMP Islam Az Zahra, Umi Fatirah mengatakan pelatihan penanganan cidera ini dilakukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi para guru dan staf disekolahnya untuk lebih memahami upaya-upaya pencegahan dan penanganan ketika terjadi cidera di sekolah.

“Harapannya dengan pelatihan ini, para dewan guru dan staf sekolah sudah memiliki keterampilan dan pemahaman tentang apa dan bagaimana penanganan pertama yang harus dilakukan ketika terjadi cidera,” jelas Umi Fatirah. (msr) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama