BPS sebut Angka Pengangguran di Lampung Capai 209 ribu Orang

BPS sebut Angka Pengangguran di Lampung Capai 209 ribu Orang


Bandar Lampung (Forum) - Angka pengangguran di Lampung saat ini tercatat masih ada sebanyak 209,11 ribu orang. Jumlah ini merupakan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung per Februari 2023.

Meski begitu, angka pengangguran di Lampung ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2022 lalu. Di mana ada penurunan sekitar 0,13 persen.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Agus Nompitu mengatakan, di Lampung total penduduk dengan usia kerja ada sebanyak 6.941,98 ribu orang.

Dari jumlah tersebut, 5.003,14 orang merupakan angkatan kerja dan 1.938,84 orang bukan angkatan kerja.

"Jumlah pengangguran di Lampung saat ini masih ada 209,11 ribu orang atau di angka 4,18 persen. Jumlah ini mengalami penurunan sekitar 0,13 persen jika dibandingkan pada Oktober 2022 di mana angkanya 4,31 persen," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Agus Nompitu.

Agus Nompitu menjelaskan, bahwa tingkat pengangguran di Lampung saat ini menduduki urutan terendah ketiga di Pulau Sumatera.

"Dari data ini, Lampung urutannya di bawah ketiga se-Sumatera dan nasional di angka 5,45 persen. Jadi Lampung tingkat penganggurannya bisa dikatakan cukup baik," jelasnya.

Di sisi lain, Agus Nompitu mengungkapkan bahwa Pemprov Lampung saat ini terus berupaya untuk menurunkan jumlah pengangguran di Lampung.

Berbagai upaya itu di antaranya dengan masifnya memberikan pelatihan guna meningkatkan kompetensi para calon pekerja, kemudian meningkatkan program magang kerja.

"Alhamdulillah, penyerapan tenaga kerjanya juga semakin baik sehingga tingkat pengangguran itu ada penurunan," ungkapnya.

Dikatakan Agus Nompitu, Disnaker Lampung juga memiliki Sistem Informasi Ketenagakerjaan Daerah Provinsi Lampung (Si Gajah Lampung).

Di mana platform digital berbasis web itu memberikan informasi terkait ketenagakerjaan meliputi informasi lowongan kerja, pelatihan kerja, pemagangan kerja, dan konsultasi permasalahan ketenagakerjaan di Provinsi Lampung.

"Kami juga rutin melakukan kerja sama dengan loker-loker dan jobfair mulai dari perguruan tinggi maupun di SMK," tandasnya. (Al-07)

  

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama