Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam di RSUDAM Sukses, Kondisi Kedua Bayi Stabil

Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam di RSUDAM Sukses, Kondisi Kedua Bayi Stabil


Bandar Lampung (Forum) - Operasi pemisahan bayi kembar siam yang dilakukn oleh tim Dokter RSUDAM berjalan sukses, kondisi kedua bayi juga dinyatakan stabil.

Operasi perdana yang bekerjasama dengan RSUD Dr Soetomo Surabaya itu dilakukan terhadap bayi kembar siam yang berusia 13 bulan, Rabu (15/3/2023).

Bayi kembar siam itu bernama Afifah dan Aliyah, merupakan anak pasangan suami istri Muslim (33) dan Mutiani (33) warga Karang Sari, Kecamatan Muara Sungkai, Lampung Utara.

Baca Juga: Perdana, RSUDAM akan Melakukan Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam

Setelah sukses dioperasi, Mutiani (33) merasa bersyukur dan berterimakasih ke para tim dokter yang berusaha melakukan tindakan operasi.

"Alhamdulillah anak kembar kami ini berhasil dioperasi dan ditangani. Kami berterimakasih ke Tim Dokter RSUDAM Lampung telah merawat anak kami," kata Mutiani saat diwawancarai awak media, Kamis (16/3/2023).

Kondisi Bayi Stabil Pasca Operasi 

Di tempat yang sama, Ketua Tim Bedah RSUDAM Lampung, dr Billy Rosan mengungkapkan, pasien masuk ruang operasi pada Rabu (15/3/2023) sekitar pukul 07.00 WIB. Butuh waktu hampir lima jam, untuk melalukan tindakan operasi.

"Kami mulai operasi sekitar pukul 11.00 WIB, Alhamdulillah pelaksanaan operasi berjalan lancar dan kedua bayi berhasil dipisahkan," ungkap Billy Rosan.

Selama pelaksanaan operasi, menurut Billy Rosan, hal yang cukup sulit dan beresiko saat memisahkan hati, yang posisinya menyatu. Sebab banyak pembuluh darah dan berisiko mengalami pendarahan, karena berkaitan dengan organ lainnya

Pasca dioperasi, kondisi kedua pasien hingga kini stabil, namun masih dalam pengawasan intensif dari tim dokter. Setelah operasi, bayi langsung ditaruh ke Ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) untuk mengawasi kondisi pasien. (FB-06)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama