Bambang Eka Wijaya Sang Guru Jurnalistik Lampung itu Berpulang

 


Bambang Eka Wijaya Sang Guru Jurnalistik Lampung itu Berpulang


Bandar Lampung (Almahyra) - Pers di Lampung berduka. Guru jurnalistik sekaligus tokoh pers Lampung level nasional H. Bambang Eka Wijaya bin Panggih berpulang.

Bambang Eka Wijaya atau yang akrab disapa BEW meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Bandar Lampung, Senin (13/3/2023) pukul 13.25 WIB. 

Begawan jurnalistik itu menghembuskan nafas terakhir di usia 76 tahun. Sebelumnya, BEW sempat dirawat akibat komplikasi penyakit yang diderita selama dua tahun terakhir. 

Sebelum di RSUDM, Bambang Eka Wijaya juga sempat menjalani perawatan di RS Bhayangkara Rajabasa, Bandar Lampung. 

Baca Juga: Ayah Kandung di Pringsewu Tega Setubuhi Dua Anaknya yang Masih Dibawah Umur

Tokoh pers senior itu, sampai saat ini masih menjabat sebagai Pemimpin Umum Lampung Post. Bisa dikatakan ia adalah ruh dan semangat dari Harian Umum Lampung Post itu sendiri.

Bambang Eka Wijaya disemayamkan di rumah duka Jalan  Dahlia Nomor 1 Perumahan Bataranila, Hajimena,  Lampung Selatan.

Bambang Eka Wijaya, lahir di Pondok Seng, Kerasaan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada 6 Oktober 1946. Setamat SMA, Bambang diterima belajar kerja di Waspada Teruna Group (Sketsa dan Warta Teruna) sebagai korektor, merangkap reporter, merangkap jual koran mingguannya setiap terbit, dengan dibimbing menulis oleh Nazar Effendy Erde--pemimpin redaksinya.

Lalu bergabung ke harian Sinar Indonesia Baru (SIB) saat terbit 9 Mei 1970, bersama Nazar Effendy Erde, M. Zaki Abdullah, Rifyan Ganie, dan A.F. Tahir Syam. Kariernya SIB sampai redaktur pelaksana (1985), lalu pindah sebagai redaktur pelaksana harian Prioritas, Jakarta, milik Surya Paloh.

Tahun 1988 dia kembali lagi ke Medan menjadi pemimpin redaksi mingguan Bintang Sport&Film. Awal 1990, Bambang diajak Surya lagi ke Media Indonesia sebagai redaktur khusus, dan akhirnya sejak 1 Juni 1993 menjadi pemimpin umum/pemimpin redaksi Harian Lampung Post. 

Kolom tulisannya 'Buras' hadir tiap hari, sepanjang tahun. Pada 20 Mei 2008 Buras  menginjak satu dasawarsa. Buras, himpunan tulisan yang dibuat Bambang Eka Wijaya, Pemimpin Umum Lampung Post, merupakan produk jurnalistik prima. 

Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) menganugerahinya penghargaan sebagai kolom yang ditulis dengan rentang paling panjang dan setiap hari.

Tulisannya prima, karena dihasilkan dari pergulatan pemikiran yang merangkai kejadian paling aktual, menautkannya dengan analogi-analogi, dan menuangkannya secara berkelas. Bambang, memelihara ketertarikan pada banyak bidang. 

Dia akrab dengan teori-teori besar, dengan grand naratives. Tapi juga cinta detail. "Produknya", dia senantiasa menghadirkan butir-butir pemikirannya yang komprehensif dan integral.

Selamat jalan Pak Bambang Eka Wijaya. Kami akan mengingat pesanmu untuk menjadikan setiap karya jurnalistik adalah masterpiece. (FB-02)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama