Partai NasDem Resmi Umumkan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden 2024

 

Partai NasDem Resmi Umumkan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden 2024

Jakarta (Forum) - Partai NasDem resmi mengumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh di hadapan pengurus NasDem. 

"Saya minta Saudara untuk mengawal, mengawal pencalonan Partai NasDem terhadap Saudara Anies Baswedan," ucap Surya Paloh dalam pidato di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

Hadir dalam deklarasi itu Anies Baswedan dan sejumlah elite NasDem di antaranya Ahmad Sahroni, Taufik Basari, Saan Mustopa, Syahrul Yasin Limpo, Rachmat Gobel, Lestari Moerdijat, Hermawi Taslim, dan Okky Asokawati.

Surya Paloh mengatakan, sebelum deklarasi hari ini dia sudah menerima banyak masukan dan berkontemplasi untuk menentukan sosok pemimpin masa depan. NasDem melihat Anies bisa melanjutkan kepemimpinan bangsa.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro atau mikro, sejalan dengan apa yang kami yakini," kata Paloh.

"Kami ingin titipkan perjalanan bangsa ini ke depan insyallah jika Saudara Anies Rasyid Baswedan terpilih jadi presiden nanti nanti, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa yang lebih bermartabat," tegasnya.

Sebelum deklarasi hari ini, Rakernas NasDem Juli 2022 merekomendasikan 3 nama bakal capres yang bisa diusung di 2024. Selain Anies dua lain adalah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Namun, dalam Rakernas NasDem pada Juni 2022, Anies menjadi kandidat yang paling banyak diusulkan DPW Nasdem. 

Dari total 34 DPW, sebanyak 32 DPW meminta Surya Paloh mendeklarasikan Anies sebagai capres.

Setelah NasDem mendeklarasikan Anies sebagai capres, NasDem akan akan mematangkan koalisi dengan PKS dan Demokrat, kemudian ketiga parpol akan membahas paket yang akan diusung sebagai capres-cawapres dan bakal diumumkan bersama pada 10 November 2022. (dbs)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama