Miris, Seorang Wanita di Pesisir Barat Terpaksa Ditandu dengan Kain Selama 5 Jam ke Puskesmas

Miris, Seorang Wanita di Pesisir Barat Terpaksa Ditandu dengan Kain Selama 5 Jam ke Puskesmas


Pesisir Barat (Forum) - Betapa mirisnya warga yang tinggal di Desa Way Haru, Kecamatan Bengkunat, Pesisir Barat. Ketiadaan akses jalan membuat mereka harus bersusah payah untuk membawa warga yang sakit dan harus membutuhkan pertolongan segera.

Hal ini yang dialami pula oleh seorang wanita di Desa Way Haru, yang terpaksa ditandu selama 5 jam berjalan kaki menuju puskesmas terdekat karena akses jalan yang sulit.

Seperti dikutip dari Lampung Geh, salah seorang warga I Wayan Sudana menceritakan, berawal saat Satinah, wanita berusia sekitar 35 tahun yang mengalami keguguran. 

Namun, akses jalan yang sulit membuat dirinya tak mendapat pertolongan medis yang memadai.

Akibat selama berbulan-bulan tak kunjung mendapatkan perawatan, Satinah mengalami sakit pada tubuhnya. 

Dengan semangat tinggi membantu sesama, warga sekitar bergotong-royong membawa Satinah menuju Puskesmas dengan cara ditandu.

"Awalnya dia keguguran, terus sakit-sakitan beberapa bulan setelah itu. Akhirnya kemarin itu tanggal 24 September 2022 ditandu ke Puskesmas sama warga sekitar," ungkap Wayan.

Perjalanan sejauh 18 kilometer itu ditempuh dalam waktu 5 jam lamanya karena medan jalan yang berlumpur usai diguyur hujan menyulitkan para warga yang menandu Satinah kala itu. 

"20 tahun saya tinggal di sana akses jalan masih belum diperbaiki, listrik juga belum ada. Padahal di sini ada 3 desa dengan penduduk ribuan orang," jelasnya. (*)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama