OAIL Itera Berhasil Abadikan Fenomena Langka Eagle Nebula

OAIL Itera Berhasil Abadikan Fenomena Langka Eagle Nebula


Lamsel (Forum) - Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) berhasil mengabadikan fenomena langka 'Eagle Nebula' menggunakan teknologi canggih jenis Robotic Telescope.


Messier 16 atau yang lebih dikenal dengan Eagle Nebula merupakan Pillars of Creation yang terdiri dari pilar-pilar yang menjulang tinggi, terdiri dari debu kosmik dan juga gas yang bentuknya menyerupai elang berada pada Rasi Bintang Serpens.


"Kita gunakan Itera Robotic Telescope (IRT) meskipun dengan keadaan kondisi cuaca yang terus berkejaran dengan awan. Seperti halnya teleskop Hubble, kamera pada IRT menggunakan filter–filter khusus yang menangkap cahaya yang dipancarkan oleh awan nebula," ungkap pihak OAIL, Hakim L. Malasan.


"Filter–filter tersebut yakni Hidrogen Alpha, Sulfur II dan Oksigen III, ketiga filter tersebut dimasukkan ke dalam kanal RGB untuk membentuk false color image," lanjutnya.


Hakim juga mengungkapkan, pihaknya akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat luas khususnya Lampung tentang bidang ilmu astronomi atau ilmu yang mempelajari benda langit dan fenomena alam yang terjadi di luar bumi.


"OAIL sebagai observatorium yang dimiliki Itera, akan terus aktif melakukan pengamatan, hingga penelitian terkait bidang astronomi. Tidak hanya itu, melalui berbagai kegiatan, OAIL juga mengedukasi masyarakat luas tentang bidang ilmu astronomi". (FB-07)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama